Teknik Dasar Dalam Public Speaking

Artikel pelatihan public speaking kali ini akan membahas tentang teknik dasar dalam public speaking. Public speaking merupakan komunikasi lisan berupa presentasi, pidato, ceramah, dan jenis berbicara di depan banyak orang lainnya. Public speaking juga bisa diartikan sebagai pembicaraan publik atau intinya juga berbicara di depan umum. Banyak orang yang takut akan public speaking dengan berbagai alasan seperti kerap merasa grogi, gugup, merasa tidak mampu, tak terbiasa, takut salah mengucap, dan lain-lain yang bisa dibilang termasuk dalam kategori ‘demam panggung’. Lalu seperti apa teknik dasar dalam public speaking? Berikut pembahasannya.

Beberapa Teknik Dasar Dalam Public Speaking

  • Mengatasi grogi atau gugup dalam public speaking

Grogi disebabkan oleh dua hal yaitu tak terbiasa dan tak menguasai materi. Agar terbiasa perbanyak latihan dengan mengikuti pelatihan public speaking. Agar menguasai materi perbanyak membaca. Dijamin saat Anda terbiasa dan menguasai materi maka Anda tak akan merasa grogi. Grogi juga kerap terjadi pada mereka yang telah terbiasa dan menguasai materi. Untuk mengatasinya Anda bisa tarik napas dalam-dalam berulang kali, kemudian yakin pada diri sendiri.

  • Persiapan dalam public speaking

Siapa pun yang tak melakukan persiapan maka dia tengah menyiapkan kegagalan. Oleh karena itu lakukan persiapan dengan memperdalam materi, topik, tema, pakaian, kondisi fisik yang fit, dan berlatih.

  • Teknik mengawali public speaking

Banyak teknik dalam mengawali public speaking, akan tetapi yang terfavorit adalah mengawali dengan cerita atau kisah, ungkapan lucu atau humor, mengutip kata mutiara atau pepatah, atau langsung menyampaikan inti materi yang ingin disampaikan.

  • Penyampaian materi public speaking

Dalam menyampaikan materi Anda bisa menggunakan catatan, alat bantu visual, membaca naskah lengkap, atau menghapal materi. Dua cara terakhir tak direkomendasikan untuk dilakukan.

  • Teknik mengakhiri public speaking

Saat akan mengakhiri public speaking, beri signal/tanda Anda akan segera mengakhirinya. Sebagai contoh demikian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf bila ada yang tak berkenan, semoga bermanfaat, dan lain-lain.

Demikian artikel kali ini mengenai teknik dasar dalam public speaking. Untuk meningkatkan kemampuan public speaking Anda daftar sekarang juga di pelatihan public speaking.

Related posts: