Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Bayi

Ada beberapa faktor yang dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi. Faktor yang pertama berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi yaitu faktor gen yaitu faktor sifat bawaan berdasarkan genetik. Faktor gen biasanya termasuk ras atau suku bangsa, jenis kelamin, dan faktor yang bersifat patologik atau faktor penyakit bawaan. Faktor genetik bisa disebut faktor kosmos mikro atau keadaan dari bayi itu sendiri, faktor bawaan termasuk sifat dari lahir dan keadaan dari biologis bayi itu.

Memantau Lingkungan Dan Kesehatan Bayi Kita

Faktor kedua yaitu faktor dari keadaan sekitar lingkungan bayi itu. Faktor lingkungan termasuk faktor cuaca, sanitasi atau kebersihan dan tempat tinggal bayi. Faktor lingkungan juga termasuk faktor dari sikap guru, sikap teman bermain bayi, dan sikap bagaimana orang tua memperlakukan bayi tersebut.

Faktor ketiga yaitu sehatnya bayi atau anak tersebut. Sehatnya seorang anak atau bayi merupakan hal yang sangat penting, karena kesehatan bayi atau anak sangat mempengaruhi bagaimana tumbuh kembang bayi atau anak ke tahapan-tahapan selanjutnya. Hati-hati dan selalu waspada terhadap kesehatan anak atau bayi kita. Tahap bayi merupakan salah satu tahap tumbuh kembang yang rentan akan penyakit. Salah satu penyakit yang biasa dialami saat masih bayi yaitu penyakit seperti infeksi atau kekurangan akan gizi pada asupan.

Kita harus aktif untuk melakukan pemberian imunisasi pada bayi kita. Imunisasi sendiri itu ada dua jenis yaitu imunisasi aktif dan imunisasi pasif. Imunisasi aktif merupakan imunisasi yang biasanya diwajibkan oleh pemerintah. Sudah banyak imunisasi aktif yang digratiskan oleh pemerintah pada banyak daerah. Imunisasi secara aktif sangat penting agar dapat mengurangi keberadaan penyakit yang terus-menerus untuk tahap kembang selanjutnya. Penyakit yang dapat dicegah keberadaannya dengan imunisasi yaitu antara lain penyakit campak, difteri, hepatitis, polio, tetanus, pertusis, TBC dan penyakit lainnya.

Sedangkan imunisasi pasif bisa kita dapatkan dari antibodi maternal juga dari ASI. ASI akan membantu kekebalan bayi terhadap infeksi pada bulan pertama tumbuh kembang bayi. Karena imun akan menurun dan banyak kontak dengan lingkungan.

Related posts: